Google Bangun Ekonomi Digital bagi UMKM Indonesia - ilustrasi/foto: aspek.id - pagarbisnis.com

Google Bangun Ekonomi Digital bagi UMKM Indonesia - ilustrasi/foto: aspek.id - pagarbisnis.com

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan peranan teknologi digital sangat penting dalam mengembangkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), utamanya untuk menghadapi pandemi Covid-19. Pemerintah telah menginvestasikan anggaran untuk infrastruktur ICT, tapi ini tidak akan memadai apabila tidak ada peran swasta.

"Saya menyambut gembira bahwa Google sebagai salah satu swasta global juga turut serta di dalam membangun dalam rangka membangun digital ekonomi di Indonesia dan terutama mendedikasikan pada pembangunan dan pemberdayaan UMKM." ungkap Menkeu di acara "Google for Indonesia 2021" secara virtual, Kamis (02/12).

Lebih lanjut ia pun menyampaikan Google telah mendukung transformasi digital melalui peningkatan literasi digital kepada dua juta UMKM dengan program Grow with Google.

"Saya menyambut baik program google yang mengembangkan talenta digital dan peningkatan konektivitas internet dengan google cloud Jakarta regional dan kabel bawah laut, serta pembiayaan terhadap UMKM." tambahnya.

selain itu, Menkeu juga menyebutkan kolaborasi Google dengan KIVA, sebuah organisasi nirlaba internasional, yang bekerja sama dengan berbagai mitra lokal termasuk koperasi mitra dhuafa, atau komida telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai 10 juta US dolar atau 147 miliar rupiah. Ini, ujar Menkeu, sangat membantu terutama di dalam mengisi kantong-kantong di dalam membantu UMKM yang begitu besar di Indonesia.

"Dengan kerjasama antara Pemerintah yang telah memberikan perhatian luar biasa bagi UMKM melalui program pemberdayaan dan juga swasta termasuk dengan menggunakan teknologi digital, kita berharap agar ekonomi Indonesia terutama UMKM dapat pulih dan bangkit kembali," pungkas Menkeu.