Beranda / Nasional / Cegah PHK Meluas, Pabrik dan Industri Tetap Buka

Cegah PHK Meluas, Pabrik dan Industri Tetap Buka

Diterbitkan pada 16 Nov 2020 oleh: Redaksi

Cegah PHK Meluas, Pabrik dan Industri Tetap Buka

Bagikan di Facebook Twitter


Industri dan pabrik harus dipastikan tetap buka agar Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tidak semakin meluas pada sektor industri.

"Tentu banyak sekali upaya kita agar bisa address isu PHK. Pertama, kita harus memastikan industri bisa beroperasi jadi sejak awal kita puter-puter otak bagaimana industri bisa tetap beroperasi di tengah ancaman pandemi atau virus yang sangat berat," kata Agus dalam diskusi virtual bersama BNPB.

Beroperasinya industri akan mencegah PHK sekaligus mencegah karyawan dirumahkan. Agus pun menegaskan, pengoperasian industri tersebut harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tapi juga di sini ada present surprise, ini salah satu yang bisa kita harapkan dari penyerapan tenaga kerja. Itu investasi bisa masuk," tuturnya.

Ia melanjutkan, jika operasional industri tetap buka. Maka masuknya investasi ke sektor industri bisa meningkat dan mencegah adanya PHK.

"Jadi investasi itu merupakan kata kunci kita mencegah PHK. Sekaligus menciptakan lapangan kerja baru," tegas Agus.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta orang pada Agustus 2020 atau 7,07 persen terhadap jumlah angkatan kerja (Tingkat Pengangguran Terbuka/ TPT). Angka tersebut naik 2,67 juta orang dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan TPT 5,23 persen.


Bagikan di Facebook Twitter