Loading...

Bersaing di Pasar Global, UMKM Harus Manfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi di lingkungan UMKM penting agar dapat bersanding dengan pengusaha besar.

"UMKM sekarang barangnya tidak hanya barang minor, sudah banyak yang menguasai teknologi tapi masih belum semua. Maka perlu didorong agar seluruhnya sadar akan pentingnya teknologi. Dan industri besar jangan ragu lagi untuk menggandeng UMKM karena sudah banyak yang membuat inovasi yang luar biasa dan siap menghadapi pasar global," papar Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Hanung Harimba Rachman dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hanung menjelaskan, pemerintah juga akan memfasilitasi melalui pelatihan-pelatihan yang mendukung kemampuan pelaku usaha sesuai dengan persaingan pasar global. Oleh karena itu, diharapkan UMKM dapat memperluas jangkauannya dan tidak hanya terpaku pada penjualan skala lokal.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Peningkatan Pengusaha Nasional Kementerian Investasi/BKPM M. Pradana Indraputra menilai UMKM perlu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha mereka, khususnya agar UMKM mampu bersaing di pasar global. Pradana juga mendorong kolaborasi antara investor atau usaha besar dengan UMKM agar terbangun ekosistem dan pembinaan bagi usaha kecil.

"Setelah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali kemarin, negara-negara anggota G20 sepakat untuk memasukkan UMKM ke dalam global supply chain, kemudian sepakat investor asing harus bekerja sama dengan UMKM di negara tujuan investasi. Selain itu, sejak disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK), 40 persen anggaran pemerintah untuk UMKM yang merupakan suatu angin segar bagi kita semua," katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Kepala Badan Riset dan Teknologi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Anggawira menyampaikan sekarang sudah masuk ke era di mana teknologi berkembang begitu pesat.

Ia pun berpesan agar UMKM harus bisa naik level dengan masuk ke rantai pasok global. Ia memberi tips bahwa upaya awal bisa dilakukan dengan melakukan riset dan pengembangan terhadap usaha mereka. "Sekarang pemerintah sudah memberikan banyak insentif dan kemudahan bagi pelaku usaha dibandingkan saat saya memulai usaha di 15 tahun yang lalu. Jangan dilihat riset itu hal yang sulit. Bisa lihat di YouTube, website, dan platform lain yang bisa diakses dari handphone, asalkan ada internet," tutur Anggawira.